Jahatnya Demam Berdarah !! Waspadalah !

11 Apr

Hati-hati ! Demam berdarah ternyata bahaya banget ! awalnya menyerang saluran pencernaan, hati, paru-paru, dan terakhir otak yang bisa menyebabkan kematian. kenali gejalanya… dan siapkan pertolongan pertama !!!
Dari pengalaman sang adik yang baru aja kena demam berdarah, gejala awal memang sering kali diremehkan tapi kalau ditangani secepatnya insyaallah banyak sembuhnya…

berikut gejala demam berdarah :
1. Panas tinggi, apabila panasnya naik turun dan gak sembuh lebih dari 2 hari patut dicurigai, dihari ke-3 sebaiknya periksa darah untuk mengecek trombosit, kalau trombosit kurang dari batas normal yaitu 150.000 waspadalah ! ingat, pemeriksaan darah yang terlalu dini tidak ada gunanya, lakukan pemeriksaan di hari ke 3 atau 4
2. keluar bintik merah di kulit
nggak semua penderita demam berdarah keluar bintik merah, mimisan dan gusi berdarah juga salah satu gejalanya
3. Menggigil dan terasa ngilu tulang
Perasaan dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa ngilu menusuk tulang.
4. Buang Air Besar berwarna hitam dan keras, Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah
5. Trombosit mulai turun
Kadar trombosit bisa diketahui dengan tes darah di laboratorium.
6. Sakit saat mata memandang ke samping
Beberapa teman mengalami ini, terasa sakit jika melirik ke samping kiri dan kanan.
7. Tengkuk sakit
Terkadang juga, terjadi pembengkakan di tengkuk dan terasa sakit

Bila anda mengalami gejala seperti diatas bergegaslah kerumah sakit, kebanyakan pasien demam berdarah memang harus opname karena harus tes darah tiap 6 jam sekali untuk mengontrol jumlah trombosit. Hati-hati, pengalaman adik saya hari ke-4 panas memang turun, dan tidak mengeluh sakit sama sekali benar benar seperti orang sehat (alhamdulilah kami pikir sembuh) dan hari ke-5 sedikit mengeluh ulu hati sakit, tapi cuek, malah mandi pake air dingin keramas, gebyar gebyur ! dan hari ke-6 dipaksa orang tua untuk ke dokter, tes darah ternyata trombosit turun drastis dan virus DBD sudah menyerang hati mengakibatkan hati keras seperti serosis langsung malam itu opname deh…jumlah trombosit turun sampai 35.000 (normalnya 150.000) dan naiknya lambat sekali kata dokter kalau trombosit nggak segera naik yang diserang berikutnya paru-paru. Mengerikaannn !!!

Saya searching di internet, katanya demam berdarah memang tidak ada obatnya, cara penyembuhan cuma gimana caranya supaya jumlah trombosit meningkat, berikut hasil searching dan saran dari tetangga, saudara, untuk meningkatkan jumlah trombosit dan menghindari dehidrasi
1. Minum Jus Jambu merah (sangat amat terbukti sekali)
2. Minumlah air putih min. 20 gelas berukuran sedang setiap hari (lebih banyak lebih baik)
3. Beberapa teman dan dokter menyarankan untuk minum minuman ion tambahan seperti pocari sweat
4. Makanlah makanan yang bergizi dan usahakan makan dalam kuantitas yang banyak (meskipun biasanya minat makan akan menurun drastis).
6. Minum Sari kurma (dari bu vinan, terima kasih ya bu!)
7. Daun Angkak
8. Brotowali
9. Hong cao (indonesia :angco)–>dosis 15 biji , diminum sebanyak-banyaknya.
10. Ramuan ditambahkan kunir ,bisa juga dengan gan cao (indonesia : kan jao–>cari di toko obat China)

Adekku cuma mempraktekkan no.1 sampai 6, setiap hari dicekokin jus jambu merah dicampur susu sapi (bikinan ayah) ada hasilnya lo cek darah jumlah trombosit langsung meningkat sampai 104.000 naik terus sampai 145.000 (mendekati normal) akhirnya boleh pulang deh🙂 opnamenya total cuma 4 hari alhamdulillah… penyembuhan total diterusin dirumah

Masa kritis (gak dialami adekku sih, buat tambahan aja)
Prinsipnya, orangtua harus benar-benar menghitung hari, sejak kapan anaknya demam. Satu hari berarti satu hari penuh atau 24 jam setelah mulainya demam. Karena dengan begitu, bisa ditentukan kapan anak masuk dalam fase kritis yang merupakan momok mengerikan pada DBD. Pada DBD, demam biasanya akan turun setelah berlangsung 3-4 hari. Namun, justru pada saat demam turun anak dapat masuk ke masa kritis, atau sebaliknya sembuh tanpa komplikasi apapun.
Orang tua justru harus waspada pada saat demamnya turun. Pada anak yang masuk masa kritis, pada saat demam turun, ujung-ujung jari teraba dingin, denyut nadi kecil dan cepat serta tekanan darah menurun dan anak tampak lemas. Semua ini terjadi akibat cairan merembes ke luar dari pembuluh darah. Anak seolah-olah kekurangan cairan darah dan sirkulasi tubuh menjadi gagal berfungsi. Akhirnya anak mengalami syok. Tandanya, kulit teraba dingin terutama ujung jari dan kaki, biru di sekitar mulut, anak gelisah sekali dan lemas, nadinya lemah dan cepat bahkan bisa tidak teraba denyutnya.
Selain syok, dapat pula terjadi perdarahan. Yang paling sering adalah perdarahan saluran cerna, ditandai dengan buang air besar berdarah, akibat trombosit yang rendah ataupun karena syok yang berkelanjutan. Kedua keadaan ini memerlukan penanganan sangat serius dan intensif karena merupakan keadaan sangat gawat. (dikutip : minebag)

semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: