Payudara bengkak, Asi Mengendap tidak bisa keluar ???

14 Mar

Itulah yang saya alami selama masa menyusui 5 bulan ini, awalnya… saya merasakan sakit di payudara sebelah kiri dan semakin lama rasa sakit itu bertambah dan payudara terasa membesar. kalau diraba terasa ada banyak benjolan kecil (mrongkol2) jangankan ditekan, disentuh aja suakit !!! ada apa ini??? setelah search di google katanya asinya tidak bisa keluar dengan lancar alias ngendap, untuk penyembuhannya tinggal di massage dan di kompres pakai air hangat trus diminumkan ke bayi terus menerus atau dipompa. ok aku ikutin sarannya…kira2 kurang lebih setelah 4-5 jam kesakitan asinya berhasil keluar dan dengan seketika rasa sakit itu hilang tak berbekas alhamdulillah🙂

tapi selang 2 minggu…kejadian yang sama terulang lagi, langsung search di google APA SIH PENYEBABNYA ??? kalau tau penyebabnya kan bisa dihindari jadi kejadian yang sama gak terulang terus, dan berikut hasil pencarianku penyebab asi mengendap :

1.asi tidak diminumkan ke bayi dalam waktu yang lama

2. produksi asi terlalu banyak dan tidak semua di minum si bayi. Ada sisa asi mengendap di kelenjar payudara dan menyebabkan infeksi ringan.

3. memakai bh terlalu ketat

4. posisi menyusui bayi yang salah

kasus yang kedua ini hampir sama dengan kasus pertama…skitar 4-5 jam kesakitan, akhirnya asinya berhasil keluar…banyak banget. tp sayangnya salma (anakku) terlalu ngantuk, gak mau minum…akhirnya dipompa dan dibuang

setelah kasus kedua ini aku hati2 banget supaya kasus itu ga terulang lagi, semua yang menyebabkan asi mengendap benar-benar aku hindari…tapi betapa herannya diriku kasus itu terulang untuk kesekian kalinya dan aku terus terusan berusaha menemukan jawaban KENAPA??? karena saya rasa semua penyebab sudah aku hindari…kemungkinan kali ini karena asinya nggak diminum salma sampai 5 jam, waktu itu aku ada ujian sih…tp anehnya kenapa selalu payudara kiriku yang bermasalah?sedangkan yang kanan nggak diminum seharian juga ga pernah ngendap. knp?knp?knp? dan kasusnya kali ini lumayan parah…2 hari nggak bisa bangun dari tidur…karna asinya ga mau keluar dan payudara semakin membengkak, sampai pusing dan meriang. sempet ke dokter, tapi kata dokter nggak ada obatnya penyembuhannya ya cuma di MASSAGE dan DIKOMPRES air hangat. (padahal 2 hari non stop dah aku kompres terus n dipijit2, ga tidur !)

sering banget asiku mengendap hampir 2-3 minggu sekali, aku terus mencari cara pencegahannya dengan coba2(eksperimen euy!), menyusui secara seimbang antara kanan dan kiri, menjaga kebersihan puting, dan waktu menyusui sambil di massage terus..di uyek trs..jgn berhenti sampai si bayi berhenti minum ! alhamdulillah….AKHIRNYA… kali ini berhasil !🙂 udah gak ngendap lagi…aku sampai lupa kapan terakhir aku merasakan sakit itu lg🙂

tp masih tersisa satu pertanyaan, “kenapa cuman payudara kiri yang ngendap terus????yang kanan sekalipun aja gak pernah?????” still searching…

One Response to “Payudara bengkak, Asi Mengendap tidak bisa keluar ???”

  1. me erul January 18, 2011 at 6:01 am #

    thanks 4 Info

Leave a Reply

