Dari Malang ke Gedung DEPKEU I Surabaya

3 Jul

Gedung ini biasanya dipakai untuk tempat daftar ulang atau tes bagi rekan-rekan yang melamar pekerjan di DEPKEU. alamat Jl.indrapura No.5  Surabaya..cara kesana??

  1. Dari malang naik Bis jurusan Surabaya (kurang lebih 2 jam kalau lancar, Rp.8000) turun di terminal Bungurasih terus oper bus DAMRI di jalur F jurusan ke perak (sekitar 1/2 jam Rp.4000) bilang aja ke kondekturnya turun DEPKEU langsung diturunkan di depan Gedung PAS🙂
  2. Alternatif lain, lebih deket nih…lebih murah…naik kereta api dari malang turun ke stasiun semut (kurang lebih 2,5-3 jam Rp. 4500) lalu oper len K (cuma 3 menit Rp. 2500) jangan naik becak ya klo gak bisa nawar…MAHAL dibohongin pula(8rb-10rb)

Semoga bermanfaat ya….

Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

20 May

Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi di daerah pantat dan kemaluan. Ini bisa terjadi jika ia popok basahnya telat diganti, popoknya terlalu kasar dan tidak menyerap keringat, infeksi jamur atau bakteri atau bahkan eksema.
Meskipun ruam popok menyebabkan sakit dan sangat mengganggu bayi Ibu, namun  biasanya tidak berbahaya.

Ruam popok umumnya terjadi  pada bayi dengan kulit yang lebih sensitif . Bahkan, jika bakteri yang terdapat dalam urine bayi Anda terurai menjadi amonia, ruam ini bisa bertambah parah. Tentu saja keadaan ini sangat tidak menyenangkan buat si kecil.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

  1. Usahakan agar sesering mungkin kulit bayi Anda berada dalam keadaan kering dan berhubungan dengan udara terbuka.
  2. Gunakan popok yang memiliki kemampuan menyerap lebih baik. Hemat sih boleh saja, tapi jangan sampai bayi Anda juga menderita karena Anda jarang mengganti popoknya ya…
  3. Ketika mengganti popok, bersihkan daerah tersebut dengan air dan sabun yang lembut. Setelah itu keringkan secara menyeluruh dan gunakan bedak bayi yang lembut tanpa pewangi.
  4. Sebisa mungkin hindarilah penggunaan popok atau celana berlapis plastik.
  5. Jika Anda menggunakan kain sebagai popok, usahakan untuk mencucinya dengan sabun lembut tanpa pewangi kemudian membilasnya sampai bersih. Deterjen bisa menjadi penyebab iritasi pada kulit bayi Anda.
  6. Pastikan pula produk-produk mandi untuk si kecil tidak mengandung pewangi dan alkohol.

Jika Sudah terjadi, Bagaimana mengatasinya ??

  1. Hindari penggunaan diapers, Tujuannya agar kulit bayi bisa bernapas dan tidak lembap sehingga sembuh lebih cepat.
  2. Gantilah popok sesering mungkin, jangan sampai membiarkan popok basah dalam waktu lama
  3. Gunakan air bersih untuk membersihkan area popok setiap kali mengganti popok. Gunakan air mengalir sehingga anda dapat membersihkan dan membilas tanpa perlu menggosok.
  4. Tepuk sehingga kering, jangan menggosok karena dapat memperparah iritasi.
  5. Diangin-anginkan, Penanganan di hari pertama dan kedua bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mengangin-anginkan bagian selangkangannya karena prinsip penyembuhan ruam adalah kulit harus bersih dan kering.
  6. Diolesi krim bayi atau bedak. Baby cream pencegah dan pereda ruam popok bisa dibeli di apotik. Bedak tabur yang bisa menyerap sisa-sisa kelembapan kulit bisa juga dipakai sehingga gesekan-gesekan pada kulit berkurang. Namun, penggunaan bedak tabur harus lebih hati-hati, tidak boleh mengenai kulit yang terbuka/luka dan selaput lendir atau kemaluan bayi perempuan. Jadi, gunakan hanya pada permukaan kulit yang tidak luka. “Bila masih ada bagian yang lecet sebaiknya jangan gunakan bedak. Dikhawatirkan partikel bedak masuk ke kulit sehingga bisa membahayakan.”

Kapan Harus ke dokter?

  1. Melepuh atau terdapat nanah
  2. Tidak hilang dalam waktu 48 sampai 72 jam
  3. Menjadi lebih berat

sumber : http://www.tipsbayi.com, http://www.tabloid-nakita.com, biomagnet.wordpress.com

Jadwal Kereta Api Ekonomi, Bisnis, Executive dari Malang

13 May

Yang mau melakukan perjalanan naik kereta api dari malang, gak perlu ke stasiun buat liat jadwal, gak perlu telpon stasiun (sering eror men)… semua sudah terangkum disini 🙂 di updated 26 April 2010

1. Kereta Api Penataran Ekonomi Tujuan Blitar – Tulungagung – kediri – kertosono – jombang

Harga tiket ke blitar Rp.4500, tulungagung Rp.5000 , kediri Rp.5500, dst nambah 500 rupiah tiap kota.

Sekedar informasi….kalau mau ke trenggalek hemat, turun aja di stasiun sumber gembol (stasiun sebelum stasiun tulungagung) trus oper bis ke terminal tulungagung tiket bis Rp.3000 sampai terminal oper bis lagi jurusan trenggalek, ponorogo. kalau turun distasiun tulungagung harus naik becak ke terminalnya mahal, Rp.8000 kalau gak ditawar bisa dihargai sampai 15.000

2. Kereta Api Penataran Ekonomi Tujuan Surabaya


Tiket ke bangil Rp. 3500, ke Surabaya Rp.5000

sekedar informasi..bagi penumpang kereta yang pengen melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke terminal bungurasih mending turun di stasiun wonokromo (1 stasiun sebelum gubeng). disitu lewat bis damri tujuan terminal bungurasih, ato naek angkot juga bisa. sampai di terminal bungurasih ada juga bis khusus buat ke bandara tiket Rp 10.000 perjalanan sekitar setengah jam.

3. Kereta Api Tawang Alun Ekonomi Tujuan Banyuwangi

Harga tiket ke Banyuwangi Rp 18.500

4. Kereta Api Matarmaja Ekonomi Tujuan Jakarta lewat Solo,Semarang, Pekalongan

Harga tiket ke jakarta 55.000, solo 160.000, tulungagung 26.000

5. Kereta Api Malabar Executive, Bisnis, ekonomi tujuan bandung lewat yogyakarta


  • Executive Rp. 220.000 dengan 50 tempat duduk
  • Bisnis Rp 150.000 dengan 80 tempat duduk
  • Ekonomi Rp. 90.000 dengan 90 tempat duduk

6. Kereta Api Executive Gajayana tujuan Jakarta

Berangkat dari stasiun malang jam 16.30 nyampek gambir jam 07.13

Berangkat dari stasiun gambir jam 17.15 nyampek malang jam 08.59

harga berkisar antara 270.000 – 400.000 tergantung hari aktif, hari libur atau hari besar

semoga bermanfaat🙂

 

 


Cara paling murah dan nyaman dari malang ke jogja

8 May

Ada berbagai macam cara dari malang menuju jogja…bagi yang mau kuliah di jogja, tes kerja di jogja atau berwisata ke jogja ini ada pilihan menarik, mulai yang murah sampai yang mahal. disurvey sambil jalan2 dan ngumpulkan info…cekidot ^^ !! Bagi yang ke jogja cuma hitungan hari (misal tes kerja atau tes masuk UGM) ada penginapan murah di komplex UGM (diberitahu sopir taxi) per harinya 50 (biasa) 75 (kipas angin) 220rb (AC) 1 kamar maksimal diisi 2 orang namanya penginapan Talenta II (depan fakultas kedokteran) enaknya dipenginapan ini bisa minjem sepeda motor juga, sewa seharian puter2 jogja  30 rb

1. Naik Kereta Api Ekonomi Puaaling murah (Rp. 28.000)

Kalo mau ngirit abisss…duit pas-pas an dan kenyamanan no. sekian, bisa dicoba nih…

  • dari malang naik kereta ekonomi penataran jurusan surabaya, turun di stasiun gubeng, tiket Rp.4000 jadwal keberangkatan jam 10.00 TET !! PAS !! telat ditinggal !
  • sampai stasiun gubeng jam 12.45, terus oper kereta Sri Tanjung tujuan jogja, jadwal keberangkatan jam 13.10 harga tiket Rp. 24.000 nyampe Jogja jam 19.30.
  • buat Tips, kereta malang-gubeng tidak selalu ontime, kalau molor bisa2 ketinggalan kereta Sri Tanjung. Jadi kalau nggak mau ketinggalan bisa pilih jadwal berangkat dari malang jam 07.07 dijamin AMAN

2. Naik Kereta Sancaka Berangkat dari Surabaya (Bisnis 90.000 Eksekutif 125.000 update februari 2012 )

  • dari malang naik kereta ekonomi penataran jurusan surabaya, turun di stasiun gubeng, tiket Rp.4000 jadwal keberangkatan jam 10.00 TET !! PAS !! telat ditinggal !
  • Sampai Gubeng jam 12.45 karena kereta sancaka sore berangkat jam 15.00 ada waktu 2 jam buat istirahat, solat, makan atau ngentang di stasiun. harga tiket Bisnis 90.000 Eksekutif 125.000 sampai Jogja jam 20.10

3. Naik Kereta MALABAR jurusan malang-jogja (ekonomi 95.000, bisnis 140.000, eksekutif 190.000 update februari 2012 )

Kalau kereta ini nggak perlu oper dulu ke surabaya, kereta berangkat langsung dari malang jam 15.30 keretanya baru, bagus ! dan yang pasti ONTIME sekalee!!! sesuai jadwal. sampai jogja jam 23.45 tengah malam. ke tempat tujuan bisa naik taxi (daerah kaliurang 20-30rb) atau kalo mau naik angkot/bus kota ya nginep aja di stasiun:) karna baru beroperasi jam 05.30. tp stasiun tugu rame kok hingga pagi.

4. Naik Kereta Gajayana (Eksekutif 285.000 update februari 2010)

Kereta ini enaknya minta ampun, gak kerasa capek sama sekali..nyaman sekali (secara emang mahal) berangkat langsung tidur, bangun2 dah sampai jogja. Berangkat dari malang jam 13.45 sampai jogja jam 21.03  lebih awal dari jadwal yang dulu (dulu rata2 kereta tujuan jogja emang nyampeknya tengah malem)

5. Naik Bus Malam (patas/eksekutif 70.000-90.ooo hari normal)

Semua bus malam  tujuan jogja Full AC berangkat dari stasiun Arjosari jam 19.00 sampai jogja subuh (jam 04.30) ada 3 bis tujuan malang-jogja

  • Bus Safari Dharma (Rp. 90.000)
  • Bus Zena (Rp. 70.000)
  • Bus Handoyo (Rp. 72.000)

kalau mau ke daerah UGM turun aja di “Janti” . karna nyampenya pagi banget, jd cuma ada taxi Rp.25.000 (taxi gak pake argo…awalnya pasti bilang 40rb tawar aja 25rb pasti mau) klo mau nunggu bis trans jogja lewat jam 05.30

6. Naik Travel Malang-Jogja (Rp.100.000-115.000)

Harga travel berbeda2 tergantung jenis mobilnya. berangkat dari malang jam 07.00, 09.00, 13.00, 20.00, 22.00.

aku biasa naek traveline harga 100.000 klo beragkat 10 kali gratis 1 kali. dijempt sekitar jam 8-9 malem atau pesona indah travel 105.000 dijemput jam 8 malem

untuk info selengkapnya kunjungi web ini  http://travelantarkota.indonesiatravel.biz/travel-ke-jogja/

Enjoy Traveling🙂

Informasi Kos di Malang

27 Apr

Ini ada sedikit informasi seputar kos-kosan di malang…semoga bermanfaat buat yang membutuhkan. terutama yang pengen kuliah di Brawijaya, UIN,  atau Polinema. sekedar info, daerah kos yang paling dekat dengan UB itu daerah watu2an (watu aji, watu mujur, watu gong dll), kerto (kerto waluyo, kerto pamuji, kerto rahayu, dll) hampir semua rumah di daerah kerto adalah kos-kosan, warung, fotokopi, rental, swalayan, laundry dan berbagai macam usaha. daerah MT.haryono juga deket sama UB apalagi untuk fakultas tertentu tinggal nyabrang doank nyampe deh..  yang mau tanya silahkan tinggalkan komentar insy dibantu (update april 2010) dan akan selalu di update 🙂

1. KOS PUTRI 150.000/bln

Deket banget sama UB (terutama fakultas teknik,via,  ekonomi dan pascasarjana). Tinggal nyabrang…kalo kedokteran n pertanian jalan 10-15menit.

  • Alamat : MT.Haryono 112
  • Biaya per bulan = Rp 150.00 udah termasuk listrik (bawa komputer, tv, nambah 25.000 per item)
  • ukuran kamar 3×3, 1 kamar untuk 1 orang
  • kamar mandi di luar
  • ada dapur tapi kompor bawa sendiri
  • jam malam biasanya jam 10 mlm
  • tempat parkir sepeda motor terbatas
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

2. KOS PUTRI 780.000/semester atau 130.000/bln

Deket sama UB (terutama fakultas teknik,via,  ekonomi dan pascasarjana). Tinggal nyabrang…kalo kedokteran n pertanian jalan 10-15menit. (sederet sama kos no.1) lebih deket ke jembatan soekarno hatta jadi yang kuliah di polinema bisa juga ngekos disini

  • Alamat : MT.Haryono 35
  • Biaya 780.000/sem atau 130.000/bln belum termasuk listrik dan air
  • ukuran kamar 3×3 , 1 kamar untuk 2 orang (kalau pengen sendirian bisa, tinggal dikalikan 2)
  • kamar mandi diluar
  • ada dapur umum
  • jam malam jam 9
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

3. KOS PUTRA 1,9 jt /tahun

kos deket banget sama polinema, gang sebelahnya polinema. sama UB juga deket, ke UB jln kaki skitar 15mnit

  • Alamat : Jl. Senggani 26, gang sebelahnya poltek malang
  • biaya 1,9jt/thn. (blom termasuk listrik) biasanya tiap tahun naik.
  • ukuran kamar beda-beda walau harga sama skitar 3×3 (1 kamar 1 orang)
  • listrik per bulan kalau bawa komputer rata2 20.000/bln
  • parkiran banyak
  • kamar mandi banyak
  • tidak ada dapur, ibu kos juga punya warung makanan enak dan murah
  • tidak ada jam malam, tiap anak dikasih kunci depan
  • tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

4. KOS PUTRI 2jt/tahun

Kos dekat dengan UB, UIN…kekampus jalan kaki cuma 5 menit.

  • Alamat Jl. Kertosentono no.29
  • Biaya 2jt/tahun/kamar belum termasuk listrik
  • ukuran kamar skitar 3×3  (1 kamar bisa 1 orang bisa 2 orang)
  • bisa masak sendiri tapi bawa kompor sendiri
  • tidak ada jam malam, bu kos nggak ada bawa kunci sendiri2
  • ada parkiran sepeda motor
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

5. KOS PUTRA 2 jt – 2,5 jt / tahun

Kos Depan UIN, deket UB juga…jalan ke UB kurang lebih 5 menit,lewat gerbang peternakan atau gerbang teknik

  • Alamat : kertosariro 53, jl.gajayana (depan UIN)
  • Biaya ada yang 2jt – 2,5 jt udah termasuk listrik dan air (kalo bawa tv, pc, magic com listriknya nambah)
  • ukuran kamar ada yang 3×3 ada yang 3×4
  • parkiran motor ada tapi sempit
  • dapur gak ada jadi gak bisa masak sendiri
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

6. KOS PUTRI 2 jt/thn (170/bln)

Kos dekat UB, UIN, ditempuh jalan kaku bisa, tp lumayan jauh…skitar 15-20 menit

  • Alamat : Mt. Haryono gg.17 no.200
  • Biaya 170/bln tapi harus dibayar 1 tahun jadi 2 jt/thn dan sudah termasuk listrik
  • ukuran kamar standart (1 kamar 1 orang)
  • ada dapur, bisa masak sendiri
  • jam malam gak ada
  • ada parkiran sepeda
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

7. KOS PUTRI 175.000/bln

Kos dekat UB dan UIN… kamar juga ada yg harga 275 rb/bln sendirian tergantung letaknya kali !

  • Alamat : jln watu aji 4
  • Biaya 175.000/bln sekamar 2 orang (kalau pengen sendiri tinggal dikali 2 = 350rb/bln)
  • biaya udah termasuk listrik, ga nambah lagi
  • ukuran kamar 3×3
  • kamar mandi luar, udah ada yang bersihkan
  • fasilitas lain kulkas, tp ga ada dapurnya😦
  • jam malam setengah 8, kalau keluar kos jam 9 sudah harus ada di kosan
  • ada tempat parkir sepeda motor
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

8. KOS PUTRI 200.000/bln

Kos Dekat dengan UB, hampir dekat dengan semua fakultas, jalan kaki kurang lebih 5-10 menit tergantung ke fakultas apa

  • Biaya 200.ooo/bln (1 kamar 2 orang) sudah termasuk listrik
  • Biaya 350.ooo/bln (1 kamar 1 orang) sudah termasuk listrik
  • ukuran kamar 3×4
  • ada dapur, kulkas, tv
  • bawa laptop/komputer tambah 25.000
  • bawa magic com tambah 15.000
  • ada parkiran, bisa bawa sepeda motor
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

9. KOS PUTRA 200.000/bln

Kos dekat dengan UB, UNISMA, UIN ada di daerah dinoyo deket rumah sakit islam..jarak kekampus UB, UIN, UNISMA hampir sama kayaknya soalnya ditengah2 gt..kekampus kalo naek motor cuma 2 menit kalau jalan kaki lumayan jauh men capek.

  • MT haryono 1053A
  • Biaya 200.000/bulan sudah termasuk listrik, kalau bawa barang elektronik nambah
  • ukuran kamar 3,5×3,5 (1 kamar 1 orang)
  • kosnya bersih banget…
  • ada dapur, bisa masak sendiri
  • tidak ada jam malam
  • parkiran motor luas banget

10. KOS PUTRI 2,5 jt/thn  (210rb/bln) bisa WIFI an !

Kos dekat UB dan UIN, deket gerbang peternakan UB jln kaki kurang dari 5 menit

  • Alamat : watumujur II no.22
  • Biaya 210rb/bln tapi harus dibayar per tahun jadi 2,5 jt belum termasuk listrik
  • ukuran kamar 3×3 (1 kamar 1 orang) kalau pengen sendiri tinggal dikalikan 2, jadi 5jt/thn
  • fasilitas dapur, tv, WIFI dapet dari FISIP🙂
  • ada parkiran tp kecil
  • jam malam jam 9, tapi klo telat bisa minta temen bukain
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

11. KOS PUTRI 250.000/bln

Kos dekat dengan UB, hampir dekat dengan semua fakultas, jalan kaki 5-10 menit tergantung ke fakultas apa

  • alamat : jl.kertowaluyo no.4. masuk gapura kanan jalan (dr arah ITN)
  • Biaya 250.000/bln sudah termasuk listrik dan air
  • ukuran kamar 3×4 (1 kamar 1 orang)
  • Bawa laptop/komputer tambah 20.000 , TV 15.000
  • fasilitas kulkas umum, dispenser umum, dapur umum (elpigi free)
  • jam malam jam 10
  • dekat dengan swalayan, ATM, pujasera mamiyo, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

12. KOS PUTRI dan PUTRA 3 jt/tahun

Kos dekat dengan UB…(untuk fakultas teknik, via, ekonomi, pascasarjana tinggal nyabrang) dekat dengan polinema juga jln kaki 15 menitan.

  • Alamat MT Haryono No.97 (depan pasca sarjana da fakultas teknik UB pas!)
  • biaya 3 jt/tahun belum termasuk listrik
  • ukuran kamar  skitar 3×3  (1 kamar 1 orang)
  • tidak ada dapur
  • tidak ada jam malam
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

13. KOS PUTRA 350.000/bln

Kos dekat dengan UB da UIN, kalo ke UB jalan kaku 5 menit, kalo lari bisa 2 menit..dari gerbang teknik lurus, perempatan kedua kanan, depan wartel

  • Alamat : jl. watu gong 29
  • Biaya rata2 350.000/bln (tergantung ukuran kamar) sudah termasuk listrik
  • ukuran kamar 4×5 dan 3×4 (terserah 1 kamar mo diisi berapa orang)
  • tidak ada jam malam
  • ada tempat parkir, AMAN
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

14. KOS PUTRI 350.000/bln

kos di  sebrang SMA8, dekat UB, UM, ITN (tp kalau ditempuh dg jalan kaki capek men) dekat polinema lama yang di jl.veteran (bukan di suhat).

  • alamat : jl.cibogo 4
  • biaya 350.000/bln listrik FREE
  • ukuran kamar 3×4 (1 kamar 1 orang)
  • fasilitas dapur, kompor, mesin cuci
  • jam malam jam 9

15. KOS PUTRI 275.000/bln ada WIFInya !!!

Kos paling dekat dengan polinema baru (politeknik negeri malang), deket UB juga jln kaki 15 menit

  • biaya 275.000/bln belum termasuk listrik, listrik nambah 50.000
  • ukuran kamar 3×3 (1 kamar 1 orang)
  • fasilitas WIFI, dapur, tv, dll
  • ada parkirannya

16. KOS PUTRA 1,8 jt/ tahun

  • Alamat : jln mt haryono gg brawijaya 2 dekat dengan UB
  • Fasilitas standart
  • Listrik 25.000/bln
  • tidak ada jam malam
  • dekat dengan swalayan, ATM, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir
  • dekat dengan swalayan, ATM, pujasera mamiyo, tempat makan banyak sekali gak usah kawatir

Kereta Api Malabar Malang-Bandung PP Mulai 1 Mei 2010

25 Apr

Sejak 30 April 2010, warga Bandung yang akan pergi ke Malang, bisa langsung menggunakan kereta api Malabar, singkatan dari Malang-Bandung Raya. Sementara untuk jurursan Malang ke Bandung akan mulai dibuka 1 Mei 2010.

Hal itu disampaiakn Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT KA Husein Nurroni dalam jumpa pers dalam kantor PT KA Daop II Jalan Stasiun Timur, Jumat(16/4/2010).

Kereta Malabar ini terdiri dari 9 rangkaian gerbong yang terbagi atas 3 kelas dengan tarif normal yaitu :

  • Executive Rp. 220.000 dengan 50 tempat duduk
  • Bisnis Rp 150.000 dengan 80 tempat duduk
  • Ekonomi Rp. 90.000 dengan 90 tempat duduk

Tapi karena masih dalam masa promosi tarif semua kelas didiskon 10 % menjadi executive (Rp. 200.000) bisnis (Rp. 130.000) ekonomi (Rp.80.000) berlaku sampai 15 juni 2010 selanjutnya tarif normal.

Baik dari Malang atau Bandung kereta berangkat pukul 15.30 dan sampai jam 08.11pagi. Rute yang dilewati kereta ini adalah :

Malang – Kepanjen – Blitar – Tulung Agung – Kediri – Kertosono – Nganjuk – Madiun – Alur – Balapan – Solo – Yogyakarta – Wates – Kutoharjo – Kebumen – Gombong – Banjar – Tasikmalaya – Cipeundeuy – Kiaracondong – Bandung

sumber : bandung.detik.com

alhamdulillah… ada kereta dari malang ke yogyakarta yang lebih murah dari gajayana🙂 bisa pulang tiap minggu nih..

10 Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan

21 Apr

INGIN anak Anda cemerlang di sekolah? Gamau kan anak kita di-jewer cuma gara2 ‘kurang pandai’.. Cobalah untuk memperhatikan dengan jeli kebutuhan gizi dan nutrisi mereka setiap hari. Selain itu, ada baiknya pula memasukan 10 jenis makanan terbaik berikut ini. Makanan yang dijuluki “Brain Food” ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak :

1. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 – DHA and EPA – yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.
2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.
3. Selai kacang

“Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.
4. Gandum murni
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.
5. Oat/Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.
6. Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.
7. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya — khususnya ALA – jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .
8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.
9. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.
10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat ebsi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumrbe lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat . Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme — tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh . Mengonsumsi tomat , jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi. Selain makanan, agar cerdas ya jelas kita harus banyak olahraga biar stamina kita tetap terjaga dan istirahat yang cukup .
sumber :blaze5.com

Makanan Bergizi Untuk Bayi Anda

20 Apr

Bayi umur 6 bulan keatas perlu makanan pendamping asi untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, lalu makanan seperti apakah yang diperbolehkan untuk bayi saya ?? apakah memenuhi kebutuhan gizi ??  jenis makanan berikut mungkin mampu menjawab pertanyaan anda. ingat ! untuk perkenalan sebaiknya makanan dibuat seencer mungkin dan nggak usah banyak2 kalau langsung kental nanti sembelit atau susah BABnya

1. BUBUR BERAS MERAH

Kaya serat, mengandung lemak essensial yang bagus untuk perkembangan otak anak, mengandung vitamin BI, kaya zat besi, dll

Bukannya bubur instan itu jelek, tapi kalau saya lebih memilih buat sendiri karena bagaimanapun juga yang instan2 pasti ada bahan pengawetnya kan?berikut cara membuatnya :

  • rendam beras merah dalam air semalaman dan keringkan
  • kalau sudah kering beras merah diblender
  • disangrai sampai kering dan harum
  • dimasukkan tupperware
  • tiap kali mau makan, ambil 2 sdt beri air secukupnya (lebih bagus susu formula) kemudian direbus sambil terus diaduk (setelah mengental aduk terus hingga 10 menit.

bisa divariaskan atau dicampur dengan beras putih dan kacang ijo, cara bikinnya sama kok🙂

2. BUBUR SUSU

Bubur susu
B a h a n : 150 cc susu (3/4 gls)
50 cc air putih (1/4 gls)
10 gr gula putih (1 sdm)
20 gr tepung beras (2 sdm)
garam sedikit, menurut selera.
Cara membuat : Susu didihkan.
Tepung beras diencerkan dengan air 50 cc dan dimasukkan ke dalam susu yang telah mendidih sampai masak, masukkan gula pasir ke dalam bubur tersebut dan ditambah garam kemudian angkat.

3. PISANG

mengandung kalsium, lemak, kalium mineral, vitamin, karbohidrat, protein, Potasium, zat besi

jenis pisang yang bisa diberikan pada bayi umur 6 bulan adalah pisang kepok merah, pisang ijo, pisang ambon (paling bagus nih), pisang susu, jumlah pemberian awal separo saja, ditambah dikit2 sampai habis 1, berikut cara membuatnya :

  • pisang bisa langsung dikerik halus dan diberikan pada bayi, pisang yang matang sangat baik untuk pencernaan bayi.
  • pisang dipotong-potong lalu dihaluskan (menggunakan blender, saringan kawat, atau garpu) kemudian dicampur dengan susu formula

4. SEREAL/BISKUIT BAYI

Biskuit bayi sangat mudah didapatkan atau pilihan lain bisa dengan roti mari REGAL SPECIAL, cara mambuatnya

  • sekali makan campur 1-2 biskuit dengan susu formula hangat, atau kalau tidak ingin terlalu manis campur dengan air hangat saja. kemudian lunakkan dengan sendok makan

5. KACANG IJO

Gizi yang terkandung dalam kacang hijau tidak diragukan lagi. Kaya karbohidrat dan protein tapi rendah lemak, memiliki daya cerna yang sangat tinggi yaitu 99,8 persen, sehingga sangat baik untuk dijadikan bahan makanan untuk bayi dan anak balita yang sistem pencernaannya belum sesempurna orang dewasa. Kadar serat dalam kacang hijau dapat mencegah terjadinya sembelit (susah buang air besar). Kalsium banyak terdapat pada kulitnya.

tunggu apalagi?berikut cara membuatnya

  • Kacang hijau bisa hanya dengan direbus sampai air berwarna kecoklatan seperti teh. air sisa rebusan ini yang diberikan pada bayi sebagai campuran bubur atau diminumkan langsung.
  • seperti cara mengolah beras merah, yaitu kacang hijau direndam semalaman dan dikeringkan, diblender dan disangrai sampai harum kemudian dimasukkan tupperware. tiap kali makan ambil 2 sdt, beri susu formula dan direbus sambil terus2an diaduk

6. JERUK BABY

Buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang berguna untuk kesehatan manusia. Kandungan vitamin C sangat beragam antarvarietas, tetapi berkisar antara 27-49 mg/100 g daging buah. Vitamin C berperan dalam proses penyerapan zat besi nonorganik (zat besi dan makanan nonhewani) sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan anemia (lesu darah). Vitamin C juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat aktivitas molekul radikal bebas

Komposisi gizi jeruk manis per 100 gram adalah: energi 45 kkal; protein 0,9 g; lemak 0,2 g; karbohidrat 11,2 g; fosfor 23 mg; kalsium 33 mg; besi 0,4 mg; vitamin A 190 IU; vitamin B1 0,08 mg, vitamin C 49 mg, serta air 87,2 g

jeruk juga mengandung Asam folat tinggi bagus untuk perkembangan otak anak. berikut cara penyajian :

  • Jeruk dibelah melintang menjadi dua, buang isinya kemudian peras airnya memakai saringan.
  • Untuk pertama kali air jeruk tersebut diencerkan dengan air putih masak dengan perbandingan 1 : 1 dan diberikan sebanyak 1 sdt. Pemberian ini ditambah dari hari ke hari sampai dapat menghabiskan 1 buah jeruk, maka selanjutnya tidak perlu diencerkan lagi. Bila rasanya asam, dapat ditambah gula dalam bentuk sirup secukupnya.

7. ALPUKAT

Alpukat mengandung serat tinggi dan vitamin E. Satu buah alpukat mengandung nutrisi kalsium 23 mg, fosfor 95 mg, zat besi 1,4 mg, sodium 9 mg, potassiummm 1,368 mg, vitamin A 660 Iu, niacin 8,6 mg dan vitamin C 82 mg.

Alpukat merupakan satu-satunya buah yang kaya lemak. Kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak durian. Walaupun demikian, lemak alpukat termasuk lemak sehat, karena didominasi asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat. Lemak alpukat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL), Kemampuan ini diperkuat oleh kandungan betakaroten, klorofil, vitamin E dan vitamin B kompleks yang banyak terdapat di dalam alpukat.

Alpukat kaya mineral kalium, tetapi rendah kandungan natriumnya, Kadar asam folat juga tinggi. Di dalam alpukat juga banyak mengandung zat besi dan zat tembaga yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah dan pencegahan anemia gizi. Paduan antara vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium dan mangan menjadikan alpukat baik untuk menjaga kulit dan rambut.

Berikut cara penyajian pada bayi :

  • Buang biji alpukat, lalu haluskan daging buahnya.
    Campurkan dengan ASI atau susu formula dengan kekentalan yang diinginkan.
    Saran Penyajian: Berikan puree alpukat sebagai makanan tunggal atau campur dengan puree sayur/buah lainnya.
  • Buah alpukat dikeruk halus dan langsung sajikan

8. AIR TOMAT

Tomat kaya akan vitamin A yang baik untuk mata

cara pembuatan:

  • Tomat dicuci bersih masukkan ke dalam panci yang berisi air panas lalu panci ditutup dan biarkan 3 – 5 menit angkat tomat dari air panas
  • kupas kulitnya
  • peras air tomat menggunakan saringan

semoga bermanfaat ^^

Cara Menstimulasi Perkembangan Otak Bayi

15 Apr

Pantau terus perkembangan bayi kita, tahu dan paham tahap tahap perkembangan bayi, tahu kapan harus khawatir, kapan harus menstimulasi anak secara intens. lagi butuh juga buat malaikat kecilku, berikut hasil searching di internet, dirangkum dari berbagai blog, tabloid online, dsb semoga bermanfaat ^^

perkembangan bayi sendiri dapat dibagi menjadi 4 kriteria besar yakni kemampuan motorik kasar (kemampuan mengatur tubuh), kemampuan motorik halus (kemampuan manipulatif dan penglihatan) , kemampuan bahasa dan pendengaran (mendeteksi, mengenali dan mendengar bunyi-bunyi di sekitarnya) serta kemampuan sosial.

Di bawah ini ada beberapa panduan bagi orangtua bila ingin mengecek perkembangan si kecil per tahapan usia dan cara menstimulasinya (dengan urut), Bila ada suatu keterlambatan/kejanggalan atau bahkan kecepatan, bisa dikonsultasikan pada dokter untuk mengetahui penatalaksanaannya lebih lanjut.

BAYI USIA 0-3 bulan

1. Pada usia 2-3 bulan mestinya bayi sudah mampu bergeser saat berbaring, menyentakkan kepala dan mengangkat kepala 45 derajat ketika ditengkurapkan
cara menstimulasi :
Sering-sering menengkurapkannya, supaya lehernya kuat, memiringkan badan si kecil ke kanan dan ke kiri.
2. Sudah bisa menangkap dan menaruh perhatian pada suara dan aktivitas yang ada di sekitarnya, Bayi belajar memfokuskan pandangannya, bayi akan belajar mengikuti suatu benda yang bergerak.
cara menstimulasi:
Berkomunikasilah sesering mungkin dengannya, sering memperdengarkan bunyi2an (musik, panci, gelas, dll), berikan berbagai mainan untuk dipegang, ajak bayi berjalan-jalan lihat pemandangan sekitar
3. Setelah usia satu bulan pendengaran bayi sudah bisa memberikan respons terhadap suara keras bahkan suara lembut sekalipun, Umumnya bayi akan memberikan respons positif terhadap suara manusia, Tepat usia 2 bulan, kebanyakan bayi sudah bisa mengenal suara orangtuanya dan memberikan respons melalui perubahan ekspresi wajah atau gerakan tubuh.
dapat menciptakan bunyi-bunyian, seperti aooh dan aaah…
cara menstimulasi :
Sering-seringlah bayi diajak bicara, bernyanyi, bersenandung, ngobrol. Diperkenalkan dengan berbagai bunyi-bunyian yang ada di sekitar. Jangan bosan. Biarpun anak diam saja, ia menyerap semua stimulus tersebut dan mengolahnya dalam dirinya. Saat fungsi bahasa pada otaknya matang, dia akan mengekspresikannya.
4. senyum diberikan sebagai respons untuk lingkungan dan merupakan cara ia berkomunikasi untuk mengungkapkan suka citanya, Sebagian bayi sudah bisa tertawa.
cara menstimulasi :
Sentuhan penting sekali. Bayi membutuhkan kontak erat dengan kedua orangtuanya dalam rangka pengembangan rasa aman, kepercayaan terhadap lingkungan, dan untuk belajar mencintai. Karena itu sering-seringlah membelai, mengusap dan mencium si kecil, Ajaklah berinteraksi dengan membacakan buku cerita, mendongeng, bernyanyi, ngobrol dan lainnya.

BAYI USIA 4-6 BULAN
1. Mampu menopang dan menggerakkan kepala, Mampu duduk (sekitar usia 6 bulan)
cara menstimulasi :
ajak anak meraih objek menarik di depannya, di ajak main guling-gulingan, menggerak-gerakkan anggota tubuhnya, merayap, menggenggam, meremas.

2. Menginjak usia 6 bulan, bayi mulai berceloteh dan mampu memproduksi suara pengulangan atau babbling, seperti ma-ma-ma atau da-da-da.
cara menstimulasi:
Aktif berinteraksi dengan anak dan Sering-sering mengajaknya berbicara.

3. Mampu berinteraksi dan berkomunikasi secara beragam, Ia mampu bersuara atau “bertingkah” ketika ingin menarik perhatian kita, tersenyum bahkan tergelak saat menyaksikan hal yang menyenangkan dan menggelikan baginya, merespon saat dipanggil namanya, berespon relevan terhadap nada marah atau ramah
cara menstimulasi:
Bermain cilukba, ngobrol, bernyanyi, atau apa saja yang dapat mengajaknya berinteraksi secara langsung, lakukan pijat bayi.
4. Mulai meraih suatu objek yang menarik perhatiannya, Mampu menggenggam suatu objek dan melepasnya, Mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain, Mampu menjumput benda yang agak kecil (sebesar kismis).Indra penglihatannya mampu melihat sesuatu di sekelilingnya, mengikuti pergerakan benda yang menjadi perhatiannya, dan mengikuti ibunya yang menghilang ke ruangan lain.
cara menstimulasi:
Caranya Anda bisa mendorong si kecil untuk menggapai dan mengambil benda berukuran besar, latihan menggunakan jari telunjuk untuk menunjuk sebuah obyek, menaruh mainan ke dalam wadah dan mengeluarkannya kembali, menggulingkan dan melempar mainan dan menyusun balok empuk.

BAYI USIA 7-10 BULAN

Motorik Kasar:
BERDIRI DENGAN PEGANGAN (6,5 bulan – 8 bulan 3 minggu)

Setelah bisa duduk sendiri, orang tua bisa menstimulasinya dengan menaruh anak di boks atau di lantai yang beralas. Kemudian letakkan kursi/meja kokoh sebagai pegangan. Sedangkan bila di boks kayu, biasanya anak akan mencoba berdiri sambil berpegangan pada tiang-tiang boks.

BANGKIT UNTUK BERDIRI (7,5 bulan – 10 bulan)

Dari posisi duduk dan tangan memegang pegangan, bayi berusaha mencoba bangkit untuk berdiri. Sebaiknya meja/kursi sebagai tempat pegangan harus kokoh, hingga anak tidak mudah jatuh.

Selagi “dilepas” di lantai, sebaiknya jangan menggunakan kaos kaki karena licin dan bisa membuatnya terpeleset lalu jatuh. Tentu saja pengawasan orang tua sangatdiperlukan.

BANGKIT LALU DUDUK (7 bulan 1 minggu – 10 bulan 1 minggu)

Semula bayi dalam posisi telungkup atau telentang. Kemudian ia akan bangkit, mencoba merangkak dan mengangkat lengannya agar bisa tegak. Ia juga mencoba mengangkat pantatnya, kemudian duduk. Orang tua bisa membantunya dengan menarik atau memegang kedua tangannya. Agar bayi terangsang melakukan kegiatan ini, sering-seringlah menaruhnya di tempat tidur atau kasur di lantai.

BERDIRI 2 DETIK (9 bulan 1 minggu – 12 bulan)

Bayi betul-betul sudah bisa lepas dari pegangan, bahkan orang tua bisa menghitung dia berdiri dalam 2 detik. Setelah itu biasanya jatuh lagi karena keseimbangannya belum begitu baik. Namun jatuhnya tidak tergeletak dengan kepala terantuk ke lantai, melainkan dengan posisi terduduk. Karena itu, agar jatuhnya enak, sebaiknya lantai diberi alas.

BERDIRI SENDIRI (10 bulan 1 minggu – 13 bulan 3 minggu)

Anak sudah tidak berpegangan lagi ketika berdiri. Kini ia sudah memiliki kestabilan, hingga tidak terjatuh.

Jahatnya Demam Berdarah !! Waspadalah !

11 Apr

Hati-hati ! Demam berdarah ternyata bahaya banget ! awalnya menyerang saluran pencernaan, hati, paru-paru, dan terakhir otak yang bisa menyebabkan kematian. kenali gejalanya… dan siapkan pertolongan pertama !!!
Dari pengalaman sang adik yang baru aja kena demam berdarah, gejala awal memang sering kali diremehkan tapi kalau ditangani secepatnya insyaallah banyak sembuhnya…

berikut gejala demam berdarah :
1. Panas tinggi, apabila panasnya naik turun dan gak sembuh lebih dari 2 hari patut dicurigai, dihari ke-3 sebaiknya periksa darah untuk mengecek trombosit, kalau trombosit kurang dari batas normal yaitu 150.000 waspadalah ! ingat, pemeriksaan darah yang terlalu dini tidak ada gunanya, lakukan pemeriksaan di hari ke 3 atau 4
2. keluar bintik merah di kulit
nggak semua penderita demam berdarah keluar bintik merah, mimisan dan gusi berdarah juga salah satu gejalanya
3. Menggigil dan terasa ngilu tulang
Perasaan dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa ngilu menusuk tulang.
4. Buang Air Besar berwarna hitam dan keras, Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah
5. Trombosit mulai turun
Kadar trombosit bisa diketahui dengan tes darah di laboratorium.
6. Sakit saat mata memandang ke samping
Beberapa teman mengalami ini, terasa sakit jika melirik ke samping kiri dan kanan.
7. Tengkuk sakit
Terkadang juga, terjadi pembengkakan di tengkuk dan terasa sakit

Bila anda mengalami gejala seperti diatas bergegaslah kerumah sakit, kebanyakan pasien demam berdarah memang harus opname karena harus tes darah tiap 6 jam sekali untuk mengontrol jumlah trombosit. Hati-hati, pengalaman adik saya hari ke-4 panas memang turun, dan tidak mengeluh sakit sama sekali benar benar seperti orang sehat (alhamdulilah kami pikir sembuh) dan hari ke-5 sedikit mengeluh ulu hati sakit, tapi cuek, malah mandi pake air dingin keramas, gebyar gebyur ! dan hari ke-6 dipaksa orang tua untuk ke dokter, tes darah ternyata trombosit turun drastis dan virus DBD sudah menyerang hati mengakibatkan hati keras seperti serosis langsung malam itu opname deh…jumlah trombosit turun sampai 35.000 (normalnya 150.000) dan naiknya lambat sekali kata dokter kalau trombosit nggak segera naik yang diserang berikutnya paru-paru. Mengerikaannn !!!

Saya searching di internet, katanya demam berdarah memang tidak ada obatnya, cara penyembuhan cuma gimana caranya supaya jumlah trombosit meningkat, berikut hasil searching dan saran dari tetangga, saudara, untuk meningkatkan jumlah trombosit dan menghindari dehidrasi
1. Minum Jus Jambu merah (sangat amat terbukti sekali)
2. Minumlah air putih min. 20 gelas berukuran sedang setiap hari (lebih banyak lebih baik)
3. Beberapa teman dan dokter menyarankan untuk minum minuman ion tambahan seperti pocari sweat
4. Makanlah makanan yang bergizi dan usahakan makan dalam kuantitas yang banyak (meskipun biasanya minat makan akan menurun drastis).
6. Minum Sari kurma (dari bu vinan, terima kasih ya bu!)
7. Daun Angkak
8. Brotowali
9. Hong cao (indonesia :angco)–>dosis 15 biji , diminum sebanyak-banyaknya.
10. Ramuan ditambahkan kunir ,bisa juga dengan gan cao (indonesia : kan jao–>cari di toko obat China)

Adekku cuma mempraktekkan no.1 sampai 6, setiap hari dicekokin jus jambu merah dicampur susu sapi (bikinan ayah) ada hasilnya lo cek darah jumlah trombosit langsung meningkat sampai 104.000 naik terus sampai 145.000 (mendekati normal) akhirnya boleh pulang deh🙂 opnamenya total cuma 4 hari alhamdulillah… penyembuhan total diterusin dirumah

Masa kritis (gak dialami adekku sih, buat tambahan aja)
Prinsipnya, orangtua harus benar-benar menghitung hari, sejak kapan anaknya demam. Satu hari berarti satu hari penuh atau 24 jam setelah mulainya demam. Karena dengan begitu, bisa ditentukan kapan anak masuk dalam fase kritis yang merupakan momok mengerikan pada DBD. Pada DBD, demam biasanya akan turun setelah berlangsung 3-4 hari. Namun, justru pada saat demam turun anak dapat masuk ke masa kritis, atau sebaliknya sembuh tanpa komplikasi apapun.
Orang tua justru harus waspada pada saat demamnya turun. Pada anak yang masuk masa kritis, pada saat demam turun, ujung-ujung jari teraba dingin, denyut nadi kecil dan cepat serta tekanan darah menurun dan anak tampak lemas. Semua ini terjadi akibat cairan merembes ke luar dari pembuluh darah. Anak seolah-olah kekurangan cairan darah dan sirkulasi tubuh menjadi gagal berfungsi. Akhirnya anak mengalami syok. Tandanya, kulit teraba dingin terutama ujung jari dan kaki, biru di sekitar mulut, anak gelisah sekali dan lemas, nadinya lemah dan cepat bahkan bisa tidak teraba denyutnya.
Selain syok, dapat pula terjadi perdarahan. Yang paling sering adalah perdarahan saluran cerna, ditandai dengan buang air besar berdarah, akibat trombosit yang rendah ataupun karena syok yang berkelanjutan. Kedua keadaan ini memerlukan penanganan sangat serius dan intensif karena merupakan keadaan sangat gawat. (dikutip : minebag)

semoga bermanfaat🙂