Bayi susah tidur, nggak nyenyak, sebentar sebentar bangun, knp ya???

15 Mar

Tahukah bunda kurang tidur pada bayi bisa menyebabkan berbagai masalah ? Mulai dari penurunan kekebalan tubuh, gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan juga kurang tidur mempunyai dampak terhadap tumbuh kembang otak bayi, terutama kemampuan berpikirnya ketika ia dewasa.

Sebagian besar kerja hormon pertumbuhan terjadi ketika dalam keadaan tidur, termasuk hormon pertumbuhan otak bayi.Kurangnya tidur akan mengakibatkan perubahan kadar hormon yang bertugas mengatur rasa lapar. Selain itu, kurangnya tidur juga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme gula, sehingga meningkatnya resiko terhadap diabetes. (tipsbayi.com)

nah…kebayang nggak siii gimana masa depan buah hati kita kalau tidurnya nggak nyenyak? ada beberapa faktor yang nyebabkan bayi susah tidur

1. bayi lapar

2. popoknya basah

3. terlalu banyak bermain dan tertawa

4. kolik

5. sakit flu atau batuk

semua ini menurut teori sih…tapi tahu nggak bunda selain faktor alamiah, beberapa kebiasaan orangtua juga kerap menjadi biang keladi susah tidur pada bayi. Contoh, bayi yang terbiasa digendong saat tidur, akan merasa lebih nyaman tidur dalam gendongan. Tak heran bila ditaruh, ia akan terjaga.

kalau bisa tidur tapi gak tahan lama alias sebentar sebentar bangun ? dikit dikit kaget ? nggak masalah kok asal tidur malamnya tetap nyenyak :) dan total waktu tidurnya normal…nih total waktu tidur normal bayi menurut usia

Usia

Tidur Siang (jam)

Tidur Malam (jam)

Total waktu (jam)

0-1 bulan

± 7,5

± 8,5

16

3 bulan

± 5

± 10

15

6 bulan

± 4,5

± 10

14,5

9 bulan

± 3

± 11

14

12 bulan

± 2,5

± 11

13,5

gimana?gimana? dah terpenuhi belum kebutuhan tidur bayi anda?? malaikat kecilku salma juga termasuk bayi yang susah banget tidurnya, tidur siang nyenyak 1 jam aja sudah syukur. tapi alhamdulilah tidur malamnya nyenyak banget mungkin mengawali tidurnya aja yang agak susah. kalau tidur malam sudah 10 jam di siang hari saya tinggal nambah 4,5 jam. 1,5 jam setelah mandi pagi, 2 jam di siang hari dan 1 jam setelah mandi sore…gak mutlak kayak gitu sih…yang penting tidur siang ditotal 4jam :)

INGAT ! kita sebagai orangtua jangan sampai membiarkan jika bayi kita tidak bisa tidur nyenyak.. apapun upaya dan tenaga harus dilakukan supaya jam tidur bayi kita terpenuhi demi masa depannya :) kalau memang bisa tidur nyenyak kalau ditemenin bunda ya temeninlah…kalau memang  bisa nyenyak karena digendong ya digendong aja (asal gak terus-terusan ntar jadi kebiasaan) kalau memang bisa tidur nyenyak sambil nenen ya dikasih aja…

oh iya…kalau masalah siklus tidur terbalik (siang tidur nyenyak malam terjaga) dari beberapa artikel menyebutkan sebelum bayi berusia 6 bulan kebiasaan itu bisa diubah kok dan menurutku memang harus diubah ini tipsnya

Tips bagi orang tua:

  • Latih anak Anda agar mengerti bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur, dan siang hari adalah waktu untuk bangun. Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya bermain hanya di siang hari saja, tidak di malam hari.
  • Latih bayi Anda agar mengetahui bahwa tempat tidur adalah tempatnya untuk tidur. Letakkan si kecil di tempat tidur saat ia sudah mengantuk, hindari membiarkannya tidur dalam gendongan Anda atau di ruangan lain.
  • Lampu utama sebaiknya dimatikan, dan nyalakanlah lampu tidur yang redup.
  • Ketika ia terbangun ajari anak untuk tidur kembali. Jangan nyalakan lampu! Tenangkan dengan kata-kata lembut. Selanjutnya tinggalkan ia sendiri untuk kembali tidur. Jika menangis lagi, biarkan dulu 5 menit baru tenangkan lagi. Berikutnya jika kembali menangis tunggu 10 menit. Dan seterusnya hingga 15 menit. Malam berikutnya tambah waktu tunggu 5 menit, yaitu 10 menit, 15 dan 20 menit. Biasanya seorang anak memerlukan waktu hingga 2-3 malam. Jika gagal, hentikan dulu prosedur ini, dan coba lagi setelah 1 bulan (cara ini diperkenalkan oleh Richard Ferber, Boston’s Children hospital.)

semoga bermanfaat :)

Namun selain faktor alamiah, beberapa kebiasaan orangtua juga kerap menjadi biang keladi susah tidur pada bayi. Contoh, bayi yang terbiasa digendong saat tidur, akan merasa lebih nyaman tidur dalam gendongan. Tak heran biladitaruh, ia akan terjaga.

About these ads

3 Responses to “Bayi susah tidur, nggak nyenyak, sebentar sebentar bangun, knp ya???”

  1. maryblog March 16, 2010 at 8:57 am #

    Artikelnya bagus banget bu.. dan berguna banget.. saya minta ijin copast buat arsip ya bu…

    • bundasalma April 27, 2010 at 12:09 am #

      Silahkan mbak :) dengan senang hati

  2. MELI July 5, 2010 at 10:27 pm #

    terima kasih infonya…
    saya sedikit tenang..
    anak saya rakha 3,5 bulan sejak bayi terbiasa tidur pagi dibedong,skrg tidak lagi shg pagi-siang sering susah tidur,sebentar sebentar bangun paling lama tidur 45 menit..saya merasa akhir2 ini rakha kurang tidur,saya sangat khawatir thdp pengaruhnya di masa depan..apalg rakha saat ini blm bs miring dan tengkurap.. saya mengalami kesulitan mengatasi mslh saudara-saudara saya yg ingin mengajak/menggendong rakha pdhl waktunya tidur/mengantuk..saya merasa tdak enak kalau tdk mengijinkan..saya tahu saya hrs tegas tp kadang saya lemah..mohon sarannya ya bunda…
    terima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: